Selasa, 22 Januari 2008

Budi Pekerti



Cai cia gau fu mu, cai wai gao beng yu
Bisa diartikan: di dalam rumah kita mengandalkan orang tua. Di luar rumah kita mengandalkan teman.
Kata mutiara yang mengandung pesan moral dan pendidikan budi pekerti yang sangat positif. Ajaran budi pekerti seperti itu banyak saya dapatkan dari orang tua saya maupun pelajaran di bangku sekolah dasar. Lebih dari 40 tahun yang lalu. Saya rasa, sampai hari ini pun, ajaran moral tsb masih relevan untuk dipraktekkan di dalam kehidupan keluarga kita.
Cai cia gao fu mu, di dalam rumah kita mengandalkan orang tua! Kata-kata ini mengisyaratkan bahwa sejak bayi, tumbuh menjadi anak sampai usia dewasa saat di rumah, anak mengandalkan ke dua orang tuanya. Karena orang tualah yang mencari nafkah, menghidupi, mencintai, menyekolahkan mendidik, dan mengasihi kita tanpa pamrih. Sepantasnya kita patuh dan hormat kepada mereka.


Dengan pendidikan budi pekerti seperti itu, kita tumbuh menjadi anak yang bermoral dan setelah dewasa muncul keiklasan untuk membalas budi dan membahagiakan kedua orang tua kita. Benar sekali: cai cia gao fu mu, di dalam rumah kita mengandalkan orang tua.
Sedangkan di luar rumah, kita mengandalkan teman: Cai wai gao beng yu! Kata-kata “mengandalkan” teman, bukan berarti tempat kita untuk bergantung apalagi memperdayakan teman demi kepentingan diri sendiri. Tetapi teman yang bisa diandalkan dalam hubungan interdependen atau saling terkait secara positif.
Karakteristik kepribadian yang harus kita miliki dalam membina hubungan dengan teman antara lain: kejujuran, sikap solidaritas, siap membantu, ramah, toleransi, dan yang terpenting adalah memiliki xin yong atau pribadi yang bisa dipercaya.
Bila kita punya sikap bergaul yang simpatik dan mampu memelihara xin yong atau kepercayaan, maka kita akan diterima di setiap lingkungan pergaulan dengan baik. Melalui teman-teman inilah, timbul kuan xi atau conection. Koneksi yang dilandasi oleh trust, akan melahirkan kesetiakawanan yang bisa diandalkan, memunculkan banyak peluang, kesempatan, dan akhirnya akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lebih berarti.
Sekali lagi: Cai cia gao fu mu, cai wai gao beng yu. Di dalam rumah, kita mengandalkan orang tua, di luar rumah, kita mengandalkan teman.